Kamis, 20 Oktober 2016

sejarah perkembangan monitor

MONITOR
Sejarah
Awal dari sejarah monitor komputer adalah dimulai dengan adanya VDT (The Video Display Terminal) yang berupa layar yang tergabung dengan keyboard dan dihubungkan ke komputer. Tahap perkembangan monitor komputer pertama terjadi pada tahun 1855 ditandai dengan  penemuan  tabung  sinar  katoda  oleh  ilmuwan  dari  Jerman  yang  bernama  Heinrich Geibler. Kemudian Monitor CRT pertama (Cathode   Ray   Tube) dikembangkan untuk menerima  siaran  televisi.  Pengembangan  tabung  sinar  katoda  pertama  yang  direproduksi oleh Allen B. Du Mont (1931).
Pada generasi awal, komputer belum menggunakan monitor khusus  seperti  sekarang  ini.  Komputer  waktu  itu  terhubung  dengan  TV  sebagai  layar penampil  dari  pengolahan  data  yang  dilakukannya.  Yang  cukup  menjadi  masalah  adalah bahwa  resolusi  monitor TV  saat  itu  hanya  mampu  menampilkan  40  karakter  secara horisontal pada layar. Monitor khusus untuk komputer dikeluarkan oleh IBM PC, yang pada awalnya memiliki resolusi 80 x 25 dengan kemampuan warnanya.
Pada generasi berikutnya muncul  mono  graphics  (MGA/MDA)  yang  memiliki  720 x  350. Selanjutnya  di  awal  tahun 1980-an muncul jenis monitor CGA dengan range resolusi dari 160×200 sampai 640 x 200 dan  kemampuan  warna  antara  2  sampai  16  warna.  Monitor  EGA  muncul  dengan  resolusi yang  lebih  bagus  yaitu  640  x  350.  Monitor  jenis  ini  cukup  stabil  sampai  berikutnya munculnya  generasi  komputer  Windows.  Semua  jenis  monitor  ini menggunakan  video digital yang spesifik untuk mengatur warna dan intensitas cahaya. Antara video adapter dan monitor  memiliki  2,  4,  16,  atau  64  warna  tergantung  standard  grafik  yang  dimiliki. Selanjutnya  dengan  diperkenalkannya  standard  monitor  VGA,  tampilan  grafis  dari  sebuah personal  komputer  menjadi  nyata.  VGA  dan  generasi – generasi  yang  berhasil  sesudahnya seperti PGA, XGA, atau SVGA merupakan standard video analog dengan sinyal R (Red), G (Green)  dan  B (Blue)  dengan  pewarnaan.  Secara  prinsip  analog  monitor  memungkinkan penggunaan  full  color dengan  intensitas  yang  tinggi.  Generasi  monitor  selanjutnya  adalah teknologi  LCD  yang  tidak lagi  menggunakan  tabung  elektron  CRT,  tetapi  menggunakan sejenis  kristal  liquid  yang  dapat berpendar.  Teknologi  ini  menghasilkan  monitor  yang dikenal  dengan  nama  Flat  Panel  Display dengan  layar  berbentuk  pipih,  dan  kemampuan resolusi   yang   tinggi.  
Kemudian   perkembangan   teknologi   monitor   selanjutnya   adalah Monitor  LED.  Teknologi  monitor  LED  memiliki  banyak  keunggulan  yang  dihasilkan dibandingkan dengan teknologi montor LCD diantaranya adalah kemampuan menghasilkan detail gambar yang lebih halus dan lebih sempurna dibandingkan LCD monitor. Kedalaman warna  yang  lebih  tinggi  dibandingkan  LCD  monitor  sampai  hampir  mendekati  warna aslinya.  Kontras  rasio  yang  cukup  tinggi  perbandingannya  dibandingkan dengan  LCD monitor.
Selanjutnya adalah Teknologi monitor plasma yang menggunakan teknologi  gas neon/xenon  yang  diapit  dua  lapisan  pelat  kaca.  Kejutan  listrik dimasukkan  ke  lapisan  gas, yang  langsung  memberi  reaksi  berupa  penciptaan  elemen  gambar.
            Kemudian yang sampai perkembanganya  adalah  monitor  touch  screen  atau  touch  panels.  Monitor touch screen sebenarnya sudah berkembang sudah tahun 1980an yang telah dipatenkan oleh oleh pihak – pihak  tertentu  namun  hak  paten  tersebut  telah  berakhir  dan  sekarang  teknologi monitor touschscreen  sudah  menjadi  teknologi  yang  umum  dan  dapat  bebas  dikembangkan  oleh pihak  manapun.  Sekarang  teknologi  monitor  touchscreen  sudah  merambah  ke  semua perangkat yang dibutuhkan, misalnya seperti handphone, PDA, , tablet PC dan sebagainya
Fungsi
            Monitor sebagai perangkat keras komputer berfungsi sebagai perangkat Output dari memori komputer atau CPU (central processing unit) berupa biner. Fungsi lain dari monitor adalah menampilkan data-data baik berupa grafis tampilan dari prosesor untuk ditampilkan agar pengguna bisa melihat apa yang sedang dioperasikannya
Perkembangan Monitor Komputer
            Perkembangan monitor komputer yang saat ini digunakan sebenarnya terbagi menjadi dua fase. Pada fase pertama tepatnya tahun 1855 ditandai dengan penemuan tabung sinar katoda oleh ilmuwan dari jerman, yang bernama Heinrich Geibler. Beliau merupakan bapak dari monitor tabung. Setelah 33 tahun, ahli kimia asal austria, friedrich reinitzer, meletakkan dasar pengembangan teknologi LCD dengan menemukan kristal cairan. Teknologi tabung awalnya memang dikembangkan untuk merealisasikan monitor. Namun, kristal cairan masih menjadi fenomena kimiawi selama 80 tahun berikutnya. Sejak saat itu, tampilan atau frame rate pun belum terpikirkan. Itulah fase kedua dari tahap pengembangan monitor komputer.

Untuk lebih jelasnya, berikut perkembangan monitor dari tahun ke tahun :
  • Tahun 1855 – Tabung Geißler Heinrich Geißler berhasil membuat sebuah vakum dalam tabung yang dilengkapi dengan sebuah pompa merkuri.
  • Tahun 1859 – Sinar Katoda Ditemukan Julius Plucker, seorang ahli matematika dan fisika dari Jerman, berhasil menemukan dan menggambarkan sinar katoda untuk pertama kalinya.
  • Tahun 1888 – Penemuan Liquid Crystal Friedrich Reinitzer, ahli kimia dari Austria, menemukan fenomena kristal cairan. Ia membuat eksperimen dengan sebuah bahan yang memiliki dua titik cair.
  • Tahun 1897 – Tabung BRAUN Karl Ferdinand Braun mengembangkan tabung sinar katoda dengan memperkenalkan aplikasi pertama dengan menggunakan osiloskop.
  • Tahun 1930 – Siaran Full Electronic Manfred von Ardenne, ilmuwan universal knowledge berhasil membuat siaran televisi full electronic pertama. Pada tahun 1931, ia memperkenalkan penemuannya di ajang International Radio Show di Berlin.
  • Tahun 1963 – Penemuan Liquid Crystal Cyan Biphenyl George Gray, ahli kimia dari Universitas Hull Inggris, menemukan kristal cairan Cyan-Biphenyl. Kristal ini menjadi dasar untuk pengembangan bahan kristal cairan stabil yang digunakan pada LCD sampai saat ini.
  • Tahun 1969 – TN-LCD Pertama James Fergason mengembangkan teknologi TN (Twisted Nematic) yang mengontrol light transfer dari kristal cairan.
  • Tahun 1981 – IBM Membuat Standar MDA dan CGA Dengan standarnisasi sinyal grafik monokrom dan warna, IBM membuka jalan untuk pengembangan monitor komputer yang universal.
  • Tahun 1984 – Standar EGA Berakhir Standar EGA sudah lama menjadi standar minimal pada Computer Graphic Hardware.
  • Tahun 1988 – Standar VESA Akhir tahun 1980-an, NEC bersama dengan delapan produsen graphic card lainnya membentuk Video Electronics Standards Association (VESA). Sejak saat itu, ditetapkan sebuah standar yang seragam untuk software, graphics card, dan monitor.
  • Tahun 2000 – Layar Datar untuk Home User Monitor dengan layar datar tipis ini semakin terjangkau harganya bagi home user.
  • Tahun 2005 – Layar 3D Pertama Toshiba memperkenalkan layar 3D pertama yang menawarkan efek 3D tanpa menggunakan alat bantu lainnya. Namun, mata harus pada posisi tertentu.
  • Di masa depan monitor adalah datar dan 3D. Perangkat CRT cepat atau lambat hanya digunakan untuk aplikasi khusus dan kemudian menghilang. Monitor 3D akan menjadi tren berikutnya. Nantinya, tanpa kacamata pun tampilan 3D sudah dapat dinikmati dari semua sudut pandang mata. Apa yang telah diperkenalkan oleh Toshiba pada tahun 2005 merupakan awal dari perkembangan baru. Saat ini hampir semua produsen besar telah melakukan penelitian dan membuat prototipenya.
Future Fitur Monitor di Masa Depan
“apakah mungkin sebuah komputer tanpa layar selamanya yang dapat memberikan interaksi input output kepada user ??”


          Semakin majunya ilmu yang mempelajari tentang teknologi akan sangan mempengaruhi perkembangan teknologi yang mengalami kemajuan yang sangat pesat. Banyak perusahaan yang bergerak dibidang teknologi akan mengubah sistem dari kerja komputer. Masa ingat dengan Google glass? Google memprediksi bahwa teknologi dimasa depan akan terbuat dari glass, begitu juga microsoft yang telah dalam proses menciptakan sebuah teknologi berbasis glass.
            Dipredeksi bahwa semua bahan yang digunakan pada komputer dimasa depan yaitu akan menggunakan glass seperti monitor serta keyboard. Keyboard dimasa depan tidak perlu menggunakan kabel seperti sekarang hanya dengan menggunakan papan keyboard pengguna dapat mengetik suatu kata dengan membaca koordinat keyboard yang terleta dipapan keyboard.

              Pada pameran "Customer Electronics Show 2010" dipaparkan hal tersebut untuk masa yang akan datang. Paparan tersebut datang dari perusahaan Inggris yang bernama Light Blue Optics, perusahaan tersebut mengangkat sebuah project untuk sistem komputer proyektor yang disebut Light Touch Yang pada dasarnya mengubah semua permukaan menjadi layar sentuh 10.1 inchi dan sekaligus membawa dunia anda menjadi sesuatu yang nyata bukan hanya dari sekedar khayalan fiksi ilmiah. Meskipun baru project yang masih terus dikembangkan tetapi sangat menarik kalau nantinya sudah dapat diproduksi masal dan kita dapat merasakan.
            Dari hal diatas kita sudah dapat tahu gambaran kedepan tentang output yang akan diberikan atau disajikan  oleh monitor nantinya kalian mungkin masih ingat film "Iron man dan The Avengers dan film - film lain yang bergendre SciFi". Dari film - film tersebut dapat di jelaskan bahwa monitor nantinya dapat :
  1. Menampilkan output - output yang lebih "Real dalam bentuk Visual"
  2. Bisa menampilkan hal - hal yang lebih interactive kepada user.


Gambar 1.1


Gambar 1.2
            Hal - Hal diatas masih merupakan gambaran kecil tentang perkembangan Technology
dimasa depan dan di yakini di masa depan Technology - technology tersebut bisa  dapat lebih cangih lagi.



Sumber :


1 komentar: