Sabtu, 27 April 2019

Opini tentang Presentasi Kelompok Mata Kuliah Etika Bisnis

Nama: Aulia Dita Muistika
NPM: 11216194
Kelas : 3EA26
Mata kuliah : Etika Bisnis
Dosen: Dr. Widyatmini, S.E,. M.M


Kelompok 1 (Konsep Dasar Etika dan Moral)
Opini :
lingkup kegiatan bisnis dan manajemen tidak hanya menyangkut lingkup ekonomi dan manajemen secara murni, tetapi menyentuh juga aspek-aspek manusiawi dan etika. oleh karena itu dalam setiap keputusan dan tindakan bisnis aspek-aspek manusiawi dan etika tersebut ikut berperan didalamnya.
semakin aspek-aspek manusiawi dan etis diperhatkan dalam kegiatan bisnis, maka masyarakat dan budaya kita juga akan semakin etis dan bermoral seperti yang diharapkan.


Kelompok 2 (Profesi Bisnis dan Tanggungjawab Moral dan Sosial Bisnis)
Opini :
perusahaan harus memiliki budaya dan etika dalam bisnis karena apabila sebuah perusahaan memiliki etika dan budaya tertentu dalam bisnisnya maka akan menyebabkan kemajuan perusahaan itu sendiri, hal ini dikarenakan budaya dan etika bisnis suatu perusahaan akan mempengaruhi perilaku karyawannya, dimana perilaku karyawan yang baik akan mengakibatkan etos kerja yang lebih baik dari perusahaan tersebut dalam pengambilan keputusan dan kebijakan maupun dalam pelaksanaan praktek bisnisnya. dan di Indonesia sendiri pelaksanaan Etika Bisnis bisa dikatakan masih sangat lemah, hal ini dikarenakan berbagai kendala seperti ; standar moral dan penegakan hukum pelaku bisnis yang masih lemah, situasi politik dan ekonomi yang belum stabil, konflik internal perusahaan bahkan belum adanya organisasi khusus yang menegakkan kode etik bisnis dan manajemen.


Kelompok 3 (Penerapan etika ke dalam bisnis dan kendala kendalanya)
Opini :
salah satu cara yang paling efektif untuk menghindari campur tangan pemerintah dalam bisnis kita adalah dengan menjalankan bisnis sedemikian rupa tanpa secara sengaja merugikan hak dan kepentingan semua pihak yang terkait dengan bisnisnya.
bisnis sangat berkaitan dengan etika bahkan sangat mengandalkan etika. dengan kata lain bisnis memang punya etika dan karena itu etika bisnis memang relevan untuk dibicarakan. Argumen mengenai keterkaitan antara tujuan bisnis dan mencari keuntungan dan etika memperlihatkan bahwa dalam iklim bisnis yang terbuka dan bebas, perusahaan yang menjalankan bisnisnya secara baik dan etis, yaitu perusahaan yang memperhatikan hak dan kepentingan semua pihak yang terkait dengan bisnisnya akan berhasil dan bertahan dalam kegiatan bisnisnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar